Workshop Pola Pangan Harapan (PPH) Tahun 2023

Pola Pangan Harapan (PPH) atau Desirable Dietary Pattern (DDP) adalah susunan keragaman pangan yang didasarkan pada sumbangan energi dari kelompok pangan utama pada tingkat ketersediaan maupun konsumsi pangan. PPH merupakan instrumen untuk menilai situasi konsumsi pangan wilayah yang dapat digunakan untuk menyusun perencanaan kebutuhan konsumsi pangan ke depan, dengan mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, budaya dan preferensi konsumsi pangan masyarakat. Selain itu, PPH juga dapat dijadikan acuan untuk menentukan sasaran dalam perencanaan dan evaluasi penyediaan khususnya produksi pangan.

Dalam rangka mendukung Pola Pangan Harapan (PPH) Tahun 2023 Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul bekerjasama dengan petugas pendataan dari masing-masing kapanewon se-Kabupaten Bantul serta Dinas Kesehatan Bantul melaksanakan Workshop Pola Pangan Harapan (PPH) pada Rabu, 27 September 2023 bertempat di Paddys Café & Eatery, Sewon, Bantul. 

Acara ini diikuti oleh 25 orang petugas pendataan yang melakukan survei data PPH ke 75 kalurahan di Kabupaten Bantul. 

Acara dibuka dilanjutkan penyampaian materi “Pola Konsumsi Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) Untuk Keberagaman Pangan” oleh Agung Suprihanto, SP dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dan materi “Hasil Analisa Survei” yang sudah diperoleh Skor PPH Tahun 2023 sebesar 92.2 oleh Irlantoro S.TP.