Wiwitan Panen Raya Perdana Padi Nutri Zinc, Upaya Cegah Stunting

Pada hari Rabu, 5 Juli 2023 kemarin digelar acara Wiwitan Panen Raya Padi Nutri Zinc bertempat di Jombor, Srimulyo, Piyungan, Bantul. 

Acara dihadiri oleh oleh Ir. Tri Judy Sukartono, Ph.D,.M.Sc.  (Asesor Kementan RI), Anggota Komisi III DPRD DIY, Tustiyani, SH, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, Kepala Bidang P3UP Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Ir. Imawan Eko Handriyanto, MP, Panewu Piyungan, Muhammad Baried, S.SOS, MM, BPP Piyungan, Lurah Desa Srimulyo, Drs. Wajiran dan tamu undangan lainnya.


Sebelum dilaksanakan panen dilaksanakan terlebih dahulu prosesi wiwitan yang merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan panen yang dilakukan oleh petani serta sebagai wujud nguri-uri budaya lokal setempat. Adapun untuk panen raya perdana kali ini di lahan seluas kurang lebih 14 Ha dengan ubinan rata-rata 8,5 ton Gabah Kering Panen.


Inpari IR Nutri Zinc adalah varietas padi sawah yang memiliki kandungan unsur Zn (Zinc) lebih tinggi (kurang lebih 25%) daripada varietas yang lain. Karena kandungan Zinc yang tinggi diharapkan dapat mencegah serta mengurangi terjadinya stunting di Kabupaten Bantul serta sebagai upaya dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.