Wiwitan di Kelompok Tani Ngudi Makmur Dukuh, Guwosari, Pajangan, Bantul

Pada Kamis, 17 Maret 2022 bertempat di Kelompok Tani Ngudi Makmur Dukuh, Guwosari, Pajangan, Bantul digelar acara Wiwitan dalam rangka kegiatan Budidaya Tanaman Sehat.

Acara dihadiri Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Pajangan beserta jajaran muspika, Lurah Guwosari, Pengurus dan anggota kelompok tani Ngudi Makmur serta tamu undangan lainnya.

DEM Area Budidaya Tanaman Sehat (BTS) merupakan suatu metode percontohan penerapan budidaya tanaman sehat, pada suatu hamparan tanpa batasan wilayah administratif yang bertujuan untuk mengelola pertanaman padi sehingga aman dari gangguan OPT.

Kegiatan ini bermaksud memberikan contoh dan memotivasi petani untuk menerapkan budidaya tanaman sehat, serta mampu mengelola keberadaan OPT agar tidak menimbulkan kerugian secara ekonomi (Petunjuk teknis pelaksanaan DEM Area Budidaya Tanaman Sehat ).

Adapun sarana bantuan yang diterima Kelompok Tani terdiri dari:
1. Benih Padi Inpari 42 : 625 Kg
2. Pupuk Hayati : 12,5 Kg
3. Pembenah Tanah Organik : 75 Kg
4. Pestisida Biologi : 1 Paket (terdiri dari Insektisida Biologi dan Fungisida Biologi)

Peran serta dari semua pihak yang terkait sangat diharapkan guna tercapainya program DEM Area Budidaya Tanaman Sehat (BTS) secara optimal.

Harapannya kegiatan tersebut dapat terlaksana secara berkesinambungan pada tanaman padi serta komoditas lainnya. Pengetahuan petani meningkat dalam pengelolaan OPT. Terkelolanya keberadaan OPT sehingga tidak menimbulkan kerugian secara signifikan serta tercapainya peningkatan produksi padi dankomoditas lainnya.

Kontributor : Dewi N, SP
Foto : DKPP Bantul