Upaya Tingkatkan Potensi Tembakau di Bantul, DKPP Bantul Gelar Studi Komparasi Budidaya dan Pemasaran Tembakau Di Blitar

Pada Kamis-Jumat, 14-15 Juli 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul melaksanakan Studi Komparasi Budidaya dan Pemasaran Tembakau, yang bertempat di Kelompok Tani Suko Sewu, Gares Sukosewu Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. 

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Tenaga Ahli Bupati Bantul, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Blitar, Pengurus Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Blitar, Kepala Bidang P3UP beserta karyawan, perwakilan PPL, dan perwakilan kelompok tani tembakau di Kabupaten Bantul.

Kegiatan diawali dengan kunjungan ke lahan pertanian budidaya tembakau untuk pengamatan agroekosistem serta sistem budidaya yang telah dilaksanakan di kelompok tani tersebut. Acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Bidang Perkebunan DPP Kabupaten Blitar, sambutan Kepala DKPP Kabupaten Bantul, sambutan dari pengurus APTI Kabupaten Blitar, sesi diskusi, tanya jawab dan penutup.

Harapannya dengan adanya studi komparasi ini mampu meningkatkan kualitas hasil pertanian tembakau di Kabupaten Bantul dengan cara menggali informasi budidaya, pengelolaan pasca panen hingga pemasaran, serta memperoleh hal baru yang dapat diadopsi oleh petani tembakau di Kabupaten Bantul. 

Kontributor : Dewi N, SP

Foto : @dkpp_bantul