Sosialisasi Teknik Konversi BBG ke BBG

Pada hari ini, Selasa, 14 November 2022 bertempat di UPTD Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan, Jetis, Bantul telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Teknik Konversi BBG ke BBG dilanjutkan dengan serah terima pompa air konversi kepada petani. 

Ditjen Migas Kementerian ESDM Republik Indonesia melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul pada tahun ini menyalurkan bantuan pompa konversi BBM ke BBG. Kegiatan seperti ini telah dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali, yaitu pada tahun 2019 sejumlah 250 unit, tahun 2020 sejumlah 500 unit, dan tahun 2022 ini sejumlah 250 unit. 

Program konversi pompa air BBM ke BBG ini merupakan kerja sama antara Ditjen Migas Kementerian ESDM Republik Indonesia dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Pertamina, Honda, PT. Draco International. Tujuan dari program ini adalah mengajak petani beralih dari penggunaan BBM ke gas, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani, serta peningkatan/optimalisasi pertanian (pengairan dengan alat bantu pompa).

Pompa konversi ini dibagikan kepada petani-petani di Kabupaten Bantul yang berasal dari 17 Kapanewon. Petani sasaran yang terpilih untuk program ini adalah petani-petani yang telah mengajukan syarat sesuai ketentuan ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul dan lolos verifikasi. 

Diharapkan dengan adanya bantuan pompa konversi ini dapat menjadi manfaat untuk petani dan menyukseskan program konversi BBM ke BBG serta dapat terus berlangsung untuk tahun-tahun ke depan.
 

(Kontributor : Retno)