Sambut Idul Adha 1444 H, DKPP Bantul Gelar Bimtek Pemotongan Hewan Kurban Bagi Takmir

Dalam rangka persiapan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemotongan Hewan Kurban Bagi Takmir pada hari Selasa, 20 Juni 2023 bertempat di Pendopo Aula Kompleks Pemda 2 Manding, Bantul. 


Bimtek ini diikuti kurang lebih 200 orang takmir masjid yang berasal dari seluruh wilayah di Kabupaten Bantul. Pembekalan/bimtek bagi takmir diperlukan untuk mendukung terciptanya daging yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal). Terwujudnya produk daging kurban yang ASUH tidak terlepas dari aspek kesehatan dan kesejahteraan ternak serta syariat Islam.

Dalam acara ini secara simbolis Dinas Ketahanan dan Pertanian menyerahkan bantuan berupa sarana prasarana pemotongan (terpal) kepada takmir.
Acara dilanjutkan dengan pembekalan/ bimtek yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Agama Kabupaten Bantul yang menyampaikan materi tentang Panduan Aman Penyembelihan dan Penanganan Daging Hewan Kurban berdasarkan Fatwa MUI dan dari UGM Yogyakarta yang menyampaikan materi tentang Pemilihan Hewan Kurban dan Pengelolaan Daging Hewan Kurban.


Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dapat berjalan dengan lancar dengan menjunjung aspek kesehatan dan kesejahteraan hewan serta syariat Islam.