Rakor Program IP 400 se-Kabupaten Bantul Tahun 2022

Pada Selasa, 4 Januari 2022 kemarin, bertempat di Aula Pari Dinas Ketahanan dan Pertanian Kabupaten Bantul, digelar acara Rapat Koordinasi dan Konsolidasi Program Indeks Pertanaman (IP) 400 se-Kabupaten Bantul Tahun 2022.

Acara dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Bambang Guritno, SH, Ketua Komisi B DPRD Bantul, Wildan Nafis,SE, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Kepala BPTP DIY, Dr. Soeharsono, S.Pt, M.Si, Panewu se-Kabupaten Bantul, dan para penyuluh pertanian se-Kabupaten Bantul.

Acara dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan dengan paparan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, kemudian dilanjutkan sambutan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, serta sambutan dari Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih. Acara dilanjutkan diskusi dan tanya jawab yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Produksi dan Pengembangan Usaha Pertanian, Ir. Imawan Eko H, MP.

Program IP 400 merupakan program empat kali tanam dan empat kali panen dalam satu tahun yang bertujuan untuk meningkatkan luas tanam dan produksi tanaman padi. Pada tahun 2022 ini target IP 400 di Kabupaten Bantul kurang lebih 5000 ha.

Kunci keberhasilan program IP 400 ini terletak pada sinergitas dan kerjasama berbagai pihak khususnya komitmen kelompok tani, ketersediaan air cukup/ tidak adanya kendala irigasi, bukan daerah endemis OPT, dalam satu hamparan, alsintan pra dan pascapanen tersedia, varietas genjah (persemaian sistem culik di luar lahan), aplikasi penggunaan pupuk organik padat dan cair serta jadwal tanam panen harus dipastikan terlebih dahulu. (TP)

Foto : DKPP Bantul