Pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku di Segoroyoso, Pleret, Bantul

Pada hari ini, Selasa, 14 Juni 2022 bertempat di Segoroyoso, Pleret, Bantul digelar acara Pengobatan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Acara ini dihadiri oleh Bupati Bantul, H. Abdul Halim Muslih, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Pleret dan jajaran Muspika Pleret dan instansi terkait.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Bantul menyampaikan, “Saat ini wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) telah dinyatakan sebagai pandemi, maka pemerintah bergerak cepat untuk meminimalisir penyebaran penyakit tersebut.

Meskipun penyakit PMK ini tidak berbahaya bagi manusia namun dapat menimbulkan kerugian besar bagi peternak. Saya juga berharap rumah potong hewan tetap melakukan aktivitasnya agar kebutuhan daging sapi tetap tercukupi dan pemulihan ekonomi dapat terus berlanjut. Untuk hewan ternak yang sehat tentunya juga telah dilengkapi dengan surat keterangan kesehatan hewan.

Tadi untuk mencegah PMK para petugas dari Puskeswan juga langsung memberikan suntikan vitamin dan antibiotik untuk sapi. Kepada para peternak sapi dan kambing saya harap apabila menemukan hewan dengan kondisi mengarah ke PMK agar segera menghubungi petugas Puskeswan agar dapat segera diberikan tindakan serta meminimalisir kerugian peternak.

Sumber/ Referensi : Instagram @abdulhalimmuslih

Foto : @dkpp_bantul