Panen Raya Padi Nutri Zinc, Varieatas yang Mampu Turunkan Stunting

Sejumlah elemen masyarakat nampak antusias mengikuti panen raya padi biofortifikasi varietas Inpari Nutri Zinc yang dilaksanakan di Bulak Karanganom, Wonokromo, Pleret, Bantul, pada Selasa (8/8/2023) kemarin. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, menyampaikan bahwa padi biofortifikasi varietas Inpari Nutri Zinc ini sudah ditanam di 1.600 hektar sawah di Kabupaten Bantul.

“Pada hari ini kita bisa berkumpul pada panen perdana padi biofortifikasi varietas Inpari Nutri Zinc. Perlu kami laporkan sudah tertanam padi Inpari Nutri Zinc di 1.600 hektar sawah di Kabupaten Bantul. Panenan varietas ini menghasilkan 8,8 ton per hektar. Ini sebenarnya sudah cukup tinggi, namun masih bisa ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Selanjutnya, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Daerah Istimewa Yogyakarta, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRay) Adipati Paku Alam X, mengimbau kepada tamu undangan yang hadir untuk mengonsumsi dan mengenalkan beras ini pada masyarakat lebih luas. 

“Padi biosertifikasi varietas Inpari Nutri Zinc ini luar biasa manfaatnya. Tidak hanya untuk anak stunting, tapi untuk orang dewasa juga. Beras ini juga rasanya enak dan harganya tidak mahal. Untuk itu, mari kita semua mengonsumsi beras ini serta bersinergi untuk memperkenalkan beras ini kepada masyarakat lebih luas,” ajaknya.

Sementara itu, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah bersinergi hingga menghasilkan padi biofortifikasi varietas Inpari Nutri Zinc. Halim berharap dengan adanya beras dengan kandungan zat besi ini dapat mengatasi permasalahan stunting di Kabupaten Bantul. 

“Keistimewaan padi Inpari Nutri Zinc ini, memiliki kandungan zat besi tinggi yang mencegah stunting untuk anak-anak kita. Karena Stunting menjadi musuh bersama. Kita berharap anak anak di Kabupaten Bantul tidak bertubuh pendek dan bermental lemah, tetapi  tumbuh menjadi anak yang kuat dan cerdas,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok Tani Sumber Rejeki, Bahrudin, menyampaikan kelompok tani Sumber Rejeki mendapat bantuan Inpari IR Nutri Zinc yang telah disampaikan pada bulan April lalu. Setelah ditanam, padi ini umurnya lebih pendek dari padi lain. Sehingga varietas ini mendukung program IP 400 yang harapannya dalam satu tahun dapat panen empat kali. (Syf)

Sumber/ referensi : https://bantulkab.go.id/berita/detail/6006/panen-raya-padi-nutri-zinc--varieatas-yang-mampu-turunkan-stunting.html

Foto : DKPP Bantul