Panen Padi Melimpah, Bantul Dukung Swasembada Pangan

Memasuki musim panen padi, beberapa bulak  yang di kelola oleh gapoktan di Kabupaten Bantul dilaporkan mendapatkan hasil panen yang cukup baik. Salah satunya hasil tanam di Bulak Mangir, Sendangsari, Pajangan. Durori, Lurah Sendangsari, menyampaikan bahwa hasil panen di wilayahnya telah melebihi target yang ditetapkan daerah untuk semua varietas padi. Salah satunya varietas ciherang yang capaiannya menyentuh angka GKG 8,92.

"Kami bersyukur ada banyak bantuan irigasi sehingga saat ini, periode tanam padi bisa hingga tiga kali dalam setahun, meski pengairannya minimal, tapi hasilnya dapat maksimal," imbuh Durori. Pencapaian tersebut tentunya menjadi isyarat positif bagi Bantul untuk ikut serta dalam mendukung swasembada pangan nasional. 

Sebagai wujud syukur atas panen yang melimpah, petani dan warga di sekitar Bulak Mangir, Kalurahan Sendangsari menggelar upacara wiwit ageng, pada Senin siang (6/3/2023). Acara ini menjadi tradisi yang senantiasa dilestarikan sebagai kekayaan yang dimiliki Sendangsari sebagai kalurahan budaya. 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, menilai bahwa masyarakatnya kuat dengan nilai-nilai religius. Dalam setiap proses yang dilalui selalu didahului dengan doa dan pengharapan yang diwujudkan dalam berbagai macam tradisi, salah satunya wiwitan. 

Pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh pengelola kalurahan budaya Sendangsari yang terus mengembangkan kebudayaan. "Budaya bukan hanya soal seni tapi juga perilaku, termasuk karakter, dan sistem sosial yang ada di masyarakat, sehingga itu semua membawa kemaslahatan," pungkas Halim. (Am)

Sumber : https://bantulkab.go.id/berita/detail/5768/panen-padi-melimpah--bantul-dukung-swasembada-pangan.html

Foto : DKPP Bantul