“Nandur Opo Sing Dipangan Lan Mangan Opo Sik Ditandur"

Pada hari ini Selasa, 21 Februari 2023 digelar acara Sosialisasi Lumbung Mataram Tahun 2023 bertempat di Paddys Cafe, Sewon, Bantul.

Acara dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S. Pt, M. Si, Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul, Slamet Pamuji, S. Pd, M. Pd, Bapak TO Suprapto (Praktisi), Cahyo Risdiyanto, SP (DPKP DIY), Dukuh, Pendamping KWT serta anggota KWT calon penerima bantuan Lumbung Mataraman Tahun 2023.

Lumbung mataraman adalah sebuah kegiatan memanfaatkan lahan pekarangan rumah tangga untuk menyediakan kebutuhan pangan dengan prinsip : kemandirian pangan, diversifikasi pangan berbasis sumber pangan lokal, dan kebun bibit pelestarian sumber daya genetik pangan.

Kemandirian pangan dimaknai dengan karakter kearifan lokal dan tetap relevan dengan semangat keistimewaan DIY, khususnya Yogyakarta sejak jaman dahulu sudah menerapkan tradisi pertanian “nandur opo sing dipangan lan mangan opo sik ditandur” dalam rangka memenuhi ketersediaan pangan mulai dari tingkat rumah tangga.

Fungsi Lumbung Mataraman sebagai model optimalisasi pemanfaatan pekarangan spesifik lokal di DIY untuk menghasilkan pangan dalam memenuhi pangan dan gizi keluarga, meningkatkan pendapatan keluarga, mengurangi pengeluaran rumah tangga serta mendukung program pemerintah untuk penanganan daerah stunting, gizi buruk dan penanggulangan wilayah rentang rawan pangan.

Diharapkan dengan adanya program Lumbung Mataraman ini Kelompok Wanita Tani mampu menyediakan pangan secara komunal melalui lumbung mataraman serta kebutuhan pangan keluarga sehari-hari dapat tercukupi dari pekarangan.(TP)

Foto : DKPP Bantul