Modernisasi dan Mekanisasi, Solusi Masalah Pertanian di Kabupaten Bantul

Pada Selasa, 6 Februari 2024 kemarin digelar acara serah terima Combine Harvester atau mesin pemanen padi kepada kelompok tani di Kabupaten Bantul bertempat di Aula Pari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul. 

Acara ini dihadiri oleh Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantul, Agus Budiraharja,SKM.,M.Kes, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Sc, kelompok tani serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo S.Pt, M.Sc dalam laporannya menyampaikan bahwa pada tahun 2023 mendapat mesin sebanyak 88 buah yang terdiri dari combine harvester yang besar sebanyak 8 unit, 2 unit kecil, power trasher 22 unit, cultivator 12 unit, traktor 14 unit, sprayer 17 unit dan berbagai jenis alat mesin lainnya.

“Semoga bantuan-bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Bantul sehingga bisa mengatasi masalah tenaga kerja yang semakin sulit karena dengan adanya mekanisasi semua kegiatan bisa berjalan dengan baik,” ujar Joko

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tantangan sumber daya manusia pada bidang pertanian di Kabupaten Bantul adalah regenerasi dan ketersediaan tenaga manusia, sehingga solusinya adalah mekanisasi pertanian. Digunakannya alat pertanian ini untuk mengatasi kelangkaan sumber daya manusia dan menghasilkan efisiensi kerja pada pertanian tanaman pangan.

“Memang hari ini sektor pertanian kita belum diminati oleh anak-anak muda kita. Tapi kita yakin pada saatnya nanti mereka akan tertarik karena adanya modernisasi pertanian ini,” tutur Bupati.

 

Sumber/referensi : https://bantulkab.go.id/berita/detail/6280/modernisasi-dan-mekanisasi-dapat-menjadi-solusi-masalah-pertanian-di-kabupaten-bantul.html
Foto ; DKPP Bantul