Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku

Sebagai upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terjadi di wilayah Kabupaten Bantul, pada Rabu, 29 Juni 2022 kemarin dilaksanakan Launching Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Bantul yang bertempat di Kelompok Ternak Pandan Mulyo, Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Balai Besar Veteriner Wates, Polres Bantul, Kodim 0729/ Bantul, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Srandakan, para peternak dan tamu undangan lainnya. Vaksinasi ini merupakan vaksinasi tahap pertama, untuk tahap berikutnya masih menunggu dari pusat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo menyampaikan, “Sebagai daerah hilir di Daerah Istimewa Yogyakarta, tentu kita perlu upaya yang lebih preventif untuk mencegah merebaknya kasus PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak. Salah satu upaya yang saat ini tengah dilakukan bersama dengan Pemerintah DIY yaitu penyaluran vaksin bagi hewan ternak.

Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Balai Veteriner Wates, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul serta masyarakat Ngentak Poncosari. Diharapkan dengan pemberian vaksin ini PMK di Bantul dapat ditekan penyebarannya terlebih saat ini telah mendekati Hari Raya Idul Kurban”. 

Sumber/ referensi : Instagram @jokopurnomo_bantul

@pemkabbantul

Foto : @dkpp_Bantul