Konsumsi Pangan B2SA Upaya Percepatan Penurunan Stunting

Untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat, diperlukan upaya mengubah pola konsumsi pangan masyarakat melalui edukasi dan sosialisasi konsumsi pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman) melalui berbagai upaya yang integratif dan masif, dalam mendukung terwujudnya sumberdaya manusia berkualitas, sehat, aktif dan produktif.



Salah satu implementasi yang dilakukan Badan Pangan Nasional adalah melalui kegiatan Pengembangan Desa B2SA. Kegiatan ini memiliki 3 komponen, yaitu Teras Pangan B2SA, Gerai Pangan B2SA dan Rumah Pangan B2SA, yang masing- masing komponen ini menguatkan sistem pangan dari hulu hingga hilir, mulai dari ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan/konsumsi pangan yang merupakan miniatur ketahanan pangan di desa.

Dalam kunjungannya ke Desa B2SA di Kelurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (30/01/2024), Kepala NFA Arief Prasetyo Adi berharap kegiatan ini terus dikembangkan dan direplikasi di berbagai daerah untuk mendukung percepatan penurunan stunting dan meningkatkan pola konsumsi pangan menjadi Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman.



Dalam acara tersebut juga turut hadir Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Daerah Istimewa Yogyakarta, R. Hery Sulistio Hermawan, S.Pi., M.T, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Panewu Dlingo beserta jajaran Forkomkap Dlingo, Lurah Jatimulyo, dan tamu undangan lainnya.



Sumber/referensi : Instagram @badanpangannasional
Foto : @dkpp_bantul