Jelang Idul Adha 1444 H, DKPP Bantul Bersama Polres Bantul Gelar Pemantuan Hewan Kurban

Dalam rangka menjelang Idul Adha 1444 H, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul bersama Polres Bantul kembali menggelar Pemantauan Hewan Kurban (sapi, kambing, domba) yang ada di tempat-tempat penjualan hewan kurban di beberapa titik di Kabupaten Bantul. Salahsatunya yang berada di wilayah Kapanewon Kasihan, yang dilaksanakan pada hari ini Senin, 19 Juni 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si menyampaikan, “Sejak akhir bulan Mei kami bersama teman-teman dari Puskeswan telah melaksanakan pengawasan di tempat-tempat penampungan hewan, baik di pasar maupun di pedagang-pedagang yang menyediakan hewan kurban, baik untuk ternak besar (sapi) maupun ternak kecil (kambing dan domba).


Kami mengantisipasi jangan sampai ada penyakit dari luar masuk ke Bantul. Alhamdulillah sampai saat ini kami belum menemukan penyakit hewan yang sifatnya zoonosis dan penyakit hewan tertentu. Harapannya kedepan semoga masyarakat bisa mendapatkan hewan ternak yang sehat untuk kurban serta sesuai dengan kriteria hewan kurban dan memperoleh daging yang sehat.

Kami mohon kepada sohibul apabila akan membeli ternak mintalah SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan) untuk mengetahui bahwa ternak tersebut sudah diperiksa atau belum. Jangan sampai hewan yang disembelih akan mendapat daging yang tidak sehat.

Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mencuci jeroan ternak di sungai. Dimohon jeroan dicuci menggunakan air bersih/ air sumur dan limbah pemotongan hewan dibuatkan lubang khusus dan dikubur. Yang kedua jangan memakai tas plastik, diharapkan menggunakan bahan yang ramah lingkungan (sarangan, dll) untuk wadah daging dan kami mohon untuk menjaga kebersihan dari limbah sampah.