Gerakan Panen Jagung di Kelompok Tani Guyub Rukun, Kalimundu, Gadingharjo, Sanden, Bantul

Pada hari ini, Senin, 10 Oktober 2022 digelar acara Gerakan Panen Jagung di Kelompok Tani Guyub Rukun, Kalimundu, Gadingharjo, Sanden, Bantul, DIY.

Acara dihadiri oleh Dirjen Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia, Suwandi, bersama Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Sanden beserta  jajaran forum komunikasi pimpinan kapanewon, Lurah Gadingharjo, perwakilan kelompok petani, dan para penyuluh pertanian.

Kapanewon Sanden menjadi salah satu wilayah dengan hasil pertanian jagung yang tinggi di Kabupaten Bantul. Hal ini ditunjang dengan keberadaan lahan pertanian seluas 481 hektar. Estimasi satu hektar mampu menghasilkan 9-10 ton senilai dengan 36 juta rupiah.

Meskipun Kabupaten Bantul telah menorehkan prestasi nasional untuk produksi padi IP400, Suwandi tetap mendorong agar Bantul juga berupaya meningkatkan produksi jagungnya. "Untuk jagung di Kabupaten Bantul, saya pengen melihat tongkolnya bisa 2 atau 3, dengan permainan hormon dan booster agar tongkol isi semua dan produksinya diharapkan lebih tinggi," tegas Suwandi. 

Sementara itu Joko Purnomo berharap para petani di Bantul senantiasa meningkatkan kinerja untuk produksi yang lebih maksimal. "Harapannya pertanian kita akan lebih maju berkembang dan membawa sejahtera bagi masyarakat," pungkas Joko Purnomo.

Sumber/ referensi : https://bantulkab.go.id/berita/detail/5464/dirjen-tanaman-minta-bantul-tingkatkan-produksi-jagung.html

 Foto : DKPP Bantul