Gelar Potensi Desa Mandiri Pangan dan Sarasehan Lumbung Mataraman BKK di Guwosari, Pajangan, Bantul

Pada Jumat, 22 Desember 2023 kemarin digelar acara Gelar Potensi Desa Mandiri Pangan dan Sarasehan Lumbung Mataraman BKK, bertempat di Dusun Banjaran, Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Bantul, Joko B. Purnomo, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY R. Hery Sulistio Hermawan, S.Pi., M.T., Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo (Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat), Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Panewu Pajangan beserta jajaran muspika, Lurah Guwosari beserta jajaran pamong dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya R. Hery Sulistio Hermawan, S.Pi., M.T., berharap Lumbung Mataraman dapat menjadi model pengembangan yang dapat direplikasi bagi daerah lain.

"Kegiatan lumbung mataraman sudah dimulai sejak tahun 2017 jadi sampai saat ini ada 50 lokasi pengembangan lumbung mataraman. Kita berharap kegiatan yang ada dapat terus berlanjut, berjalan dengan baik, sehingga bisa menjadi motivasi dan dorongan serta menjadi model pengembangan yang bisa direplikasi didaerah-daerah lain,” ucap Hery. 

Raden Mas Gustilantika Marrel Suryokusumo, yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan harapannya agar Lumbung Mataraman kedepan dapat ditanami tanaman yang dapat dijadikan olahan industri sehingga selain dapat mencukupi kemandirian pangan, juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo, mengajak kepada masyarakat agar terus mengembangkan Lumbung Mataraman sehingga bukan hanya menghasilkan ketahanan pangan, namun juga mewujudkan kedaulatan pangan. 

"Lumbung Mataraman ini ada satu filosofi terpendam, dimana didalamnya ada satu istilah nandur sing dipangan, mangan sing ditandur. Artinya ini bagian dari membangun sebuah proses bukan hanya ketahanan pangan tetapi kedaulatan pangan. Saya mengajak apa yang sudah didhawuhkan Ngarso Dalem ini kita jaga sebaik mungkin. Lumbung pangan ini harus didampingi, supaya bisa lebih berkembang,” tutur Wakil Bupati.

Sumber/referensi : https://bantulkab.go.id/berita/detail/6237/dorong-kedaulatan-pangan--guwosari-terus-kembangkan-lumbung-mataraman.html

Foto : DKPP Bantul