Biosaka, Dari Alam Kembali Ke Alam

Pada Selasa, 14 Februari 2023 kemarin digelar acara Gerakan Panen Padi bertempat di Kelompok “Tani Harjo” Tegal Sempu, Caturharjo, Pandak, Bantul, DIY.

Pada kesempatan ini hadir Menteri Pertanian Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. beserta seluruh jajaran dari Kementerian Pertanian Republik Indonensia, dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh  Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, dari Pemerintah Kabupaten Bantul yang diwakili oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si, Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Fahran, S.H., M.H, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY, Ir. Sugeng Purwanto, M.M.A, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sampai dengan hari ini untuk DIY sudah sebagian panen padi, untuk Kabupaten Bantul luasannya 5.800 ha sedangkan untuk DIY luasannya 193.000 ha. Untuk padi yang ditanam jenis padi inpari 32 dengan provitas 7,822 ton GKP per ha. 

Sedangkan untuk sosialisasi terkait pembuatan dan penggunaan biosaka terus-menerus dilakukan kepada kelompok-kelompok tani. Bahkan, pada pertengahan Maret mendatang, akan dilaksanakan panen padi yang telah menerapkan biosaka seluas 200 hektar di Imogiri, Bantul. Selain itu, 1.000 petani juga direncanakan membuat biosaka secara bersama-sama.

Sementara itu Menteri Pertanian Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H. dalam sambutannya menegaskan bahwa biosaka merupakan kearifan lokal yang menggunakan konsep dari alam kembali ke alam. Penggunaan biosaka bahkan dapat mengurangi penggunaan pupuk kimia hingga 50%.

"Biosaka ini adalah kearifan lokal yang mudah sekali dibuat dan diaplikasikan. Cukup pakai rumput segar di sekitar dan air. Intinya ini menggunakan konsep dari alam kembali ke alam," jelasnya.

Pada kesempatan ini secara simbolis diserahkan bantuan benih padi inpari 32 kepada kelompok tani oleh Menteri Pertanian RI dan juga Menteri Pertanian RI menerima penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bantul yang diserahkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si,.

 

Sumber/ referensi : https://bantulkab.go.id/berita/detail/5743/penggunaan-biosaka-untuk-pertanian--konsep-dari-alam-kembali-ke-alam.html

Foto : DKPP Bantul